Status Ikan dari Tambak yang Hanyut Karena Banjir


     Pada musim penghujan, seringkali di beberapa tempat terjadi banjir. Terutama di daerah yang cukup rawan dengan banjir. Demikian halnya dengan beberapa tempat yang dekat dengan pesisir pantai, yang terkadang beberapa masyarakat di sana memiliki usaha tambak ikan. Karena hujan yang cukup deras dan laut sedang pasang, sehingga menyebabkan tambak ikan tersebut ikut tergenang dan meluap.
Walhasil, ikan-ikan dalam tambak tersebut ikut hanyut sampai berserakan ke beberapa daerah sekitar. Masyarakat di sekitar daerah tersebut pun memanfaatkan ikan-ikan tersebut untuk dikonsumsi.
     Bagaimana hukum mengambil (nyeser) ikan sekaligus memanfaatkan-nya sebagaimana deskripsi di atas?

1.     Tidak boleh , karena ikan tersebut termasuk kategori amwaal ad-dhooi’ah (harta yang hilang) yaitu ikan tersebut ada yang mempunyai akan tetapi tidak diketahui pemiliknya dan mengambil ikan tersebut adalah termasuk ghosob.
وَسُئِلَ عَنْ مَغْصُوبٍ تَحَقَّقَ جَهْلُ مَالِكِهِ هَلْ هُوَ حَرَامٌ مَحْضٌ أو شُبْهَةٌ وَهَلْ يَحِلُّ التَّصَرُّفُ فِيْهِ كَاللُّقَطَةِ أَوْ كَغَيْرِهَا فَأَجَابَ بِقَوْلِهِ لاَ يَحِلُّ التَّصَرُّفُ فِيْهِ مَا دَامَ مَالِكُهُ مَرْجُوَّ الْوُجُودِ بَلْ يُوضَعُ عِنْدَ قَاضٍ أَمِينٍ إنْ وُجِدَ وَإِلَّا فَعَالِمٌ كَذَلِكَ فَإِنْ أَيِسَ مِنْ مَعْرِفَةِ مَالِكِهِ صَارَ مِنْ جُمْلَةِ أَمْوَالِ بَيْتِ الْمَالِ كَمَا فِيْ شَرْحِ الْمُهَذَّبِ فَإِنَّهُ قَالَ مَا مُلَخَّصُهُ مَنْ مَعَهُ مَالٌ حَرَامٌ وَأَيِسَ مِنْ مَعْرِفَةِ مَالِكِهِ وَلَيْسَ لَهُ وَارِثٌ فَيَنْبَغِي أَنْ يَصْرِفَهُ في الْمَصَالَحِ الْعَامَّةِ كَالْقَنَاطِرِ وَالْمَسَاجِدِ وَإِلَّا فَيَتَصَدَّقُ بِهِ عَلَى فَقِيرٍ أَوْ فُقَرَاءَ (الفتاوى الفقهية الكبرى، ج 3 ص 97)
2.     Boleh, apabila diyaqini ikan tersebut tidak dihiraukan atau diikhlaskan oleh pemiliknya.
مَنْ تَصَرَّفَ فِيْ مَالِ غَيْرٍ بِبَيْعٍ أَوْ غَيْرِهِ ظَانًّا تَعْدِيَهُ فَبَانَ أَنَّ لَهُ عَلَيْهِ وِلاَيَةً كَأَنْ كَانَ مَالَ مُوَرَّثِهِ فَبَانَ مَوْتُهُ أَوْ مَالَ أَجْنَبِيٍّ فَبَانَ إِذْنُهُ لَهُ أَوْ ظَانًّا فَقْدَ شَرْطٍ فَبَانَ مُسْتَوْفِيًّا لِلشُّرُوْطِ صَحَّ تَصَرَّفُهُ لِأَنَّ الْعِبْرَةَ فِيْ الْعُقُوْدِ بِمَا فِيْ نَفْسِ اْلأَمْرِ (إعانة الطالبين ج 3 ص 16)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Status Ikan dari Tambak yang Hanyut Karena Banjir"

Posting Komentar