Tasyakuran dan Tabarukan Do’a untuk Janin yang Berumur 3 atau 4 bulan (Neloni), 7 atau 8 bulan (Mitoni/ Tingkepan), ketika Masih dalam Kandungan

    Sudah menjadi tradisi di belahan nusantara terutama di pulau Jawa ketika suatu keluarga akan dikaruniai seorang anak, maka pada masa kehamilannya sudah menginjak umur 3 atau 4 bulan,  7 atau 8 bulan, keluarga tersebut mengadakan kendurenan atau tasyakuran, (Neloni, Mitoni/Tingkepan) yang acara di dalamnya membacakan surat-surat al-Qur’an seperti Surat Yusuf, Maryam, Muhammad, al-Kahfi, Yasin, Fatah, Mulk, Taubat, ar-Rohman, al-Waqi’ah, dan dilanjutkan dengan tabarukan do’a untuk calon bayi dan keluarga. Yang menjadi persoalan, apakah tradisi ini dibenarkan oleh agama? Dan apakah ada dalil yang mendukungnya?

    Ulama’ berpendapat bahwa ritual tersebut dapat dibenarkan, karena termasuk kategori walimah,  sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Kifayah al-Akhyar juz 2, halaman 68, sebagaimana telah disebutkan di atas.

    Sedangkan dalil dari al-Qur’an yang mendukung adanya tradisi tersebut diantaranya adalah surat al-A’rof ayat 128 yaitu:
هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلاً خَفِيْفًا فَمَرَّتْ بِهِ فَلَمَّا أَثْقَلَتْ دَّعَوَا اللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ آتَيْتَنَا صَالِحاً لَّنَكُوْنَنَّ مِنَ الشَّاكِرِيْنَ (سورة الأعراف: 189)

Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya dia menciptakan isterinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) berdo’a kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: "Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur". (Qs. al-A’rof: 189)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tasyakuran dan Tabarukan Do’a untuk Janin yang Berumur 3 atau 4 bulan (Neloni), 7 atau 8 bulan (Mitoni/ Tingkepan), ketika Masih dalam Kandungan"

Posting Komentar