Menjual Bulu Itik/Ayam yang Dicabut Saat Masih Hidup

         Sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari para pengusaha dan penjual barang-barang rumah tangga yang bahannya terbuat dari bulu unggas seperti ayam atau itik. Dan demi memenuhi kebutuhan pasar, para produsen barang-barang rumah tangga tersebut tidak jarang mencabut bulu-bulu ayam atau itik tersebut sebelum disembelih.
        Bagaimanakah hukum menjual bulu itik atau ayam yang dicabut saat ayam atau itik tersebut masih hidup?
     Menjual bulu ayam atau itik yang dicabut saat keduanya hidup hukumnya boleh dan sah, sebagaimana keterangan berikut ini:
وَالشَّعْرُ الْمَجْهُوْلُ اِنْفِصَالُهُ هَلْ هُوَ فِيْ حَالِ حَيَاةِ الْحَيَوَانِ الْمَأْكُوْلِ أَوْ كَوْنُهُ مَأْكُوْلاً أَوْ غَيْرُهُ طَاهِرٌ عَمَلاً بِالْأَصْلِ (حاشية البجيرمي، ج 1، ص 189)
Bulu yang tidak diketahui pisahnya, apakah bulu tersebut terpisah saat hewan yang dapat dimakan (halal) itu dalam keadaan hidup atau sudah mati? Atau binatang itu halal dimakan atau yang lain? Maka bulu tersebut hukumnya suci, karena mengamalkan hukum asal. (Hasyiyah al-Bujairami ‘ala al-Khatib, juz 1, hal. 189)
(وَشُرِطَ فِيْ مَعْقُوْدٍ) عَلَيْهِ مُثْمَنًا كَانَ أَوْ ثَمَنًا (مِلْكٌ لَهُ) أَيْ لِلْعَاقِدِ (عَلَيْهِ)... إِلَى أَنْ قَالَ... (وَطُهْرُهُ) أَوْ إِمْكَانُ طُهْرِهِ بِغُسْلٍ (حاشية إعانة الطالبين، ج 3، ص 9)
Syarat barang yang diakadi baik itu dagangan atau uangnya adalah harus merupakan milik orang yang melakukan akad… sampai ungkapan muallif… dan sucinya atau memungkinkan kesuciannya dengan cara dibasuh. (Hasyiah I’anah at-Thalibin, juz 3, hal. 9)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjual Bulu Itik/Ayam yang Dicabut Saat Masih Hidup"

Posting Komentar